Cara Membuat Halaman Contact Form (Contact Me) di Blog/Website


contact form
Contact Form, seringkali disebut juga sebagai halaman "Contact Me" atau "Kontak Saya", merupakan bagian terpenting dari blog/website yang berfungsi sebagai media korenspondensi formal dan personal. Meskipun sudah ada banyak media lain, namun halaman kontak menjadi pilihan karena menjaga privacy bagi kedua belah pihak, yaitu pemilik blog/website dan visitor/customer. Form ini juga berfungsi menghindari spam yang dikirim melalui email. 

Oleh karena itu, untuk menghindari resiko tersebut digunakanlah contact form. Saya telah merasakan banyak manfaat dari penggunaan Contact Form ini, hampir setiap hari ada visitor yang menggunakan Contact Form untuk menanyakan beberapa hal, bertanya tentang tips-tricks blogger, memasang iklan, meminta jasa membuat blog, SEO dan lain-lain. Baru setelah ada korespondensi lebih lanjut, saya menggunakan media email/chat secara langsung.

Untuk blog Blogger/Blogspot, halaman ini secara default tidak disediakan, lain halnya dengan WordPress dimana fitur ini sudah terintegrasi. Namun jangan khawatir, anda dapat membuatnya dengan beberapa langkah sederhana saja, yaitu menggunakan Contact Form eksternal yang diinstal di halaman blog/website.

1. Pilih salah satu dari situs penyedia Email Contact Form di bawah ini yang menurut anda cocok:
a. 123 Contact Form
b. FormSpring
c. Kontactr
d. PagePow
e. My Contact Form
f. Email Me Form
2. Buat akun di situs yang telah anda pilih dan ikuti beberapa langkah untuk membuat Contact Form. Seluruh tutorial di situs-situs tersebut sudah sangat jelas jadi tidak perlu lagi disampaikan disini. Anda dapat mengkostumisasi tulisan, isi pesan, batasan kata (minimum-maximum character), hingga ke tampilan Form tersebut (CSS styling) dengan hanya beberapa klik.
3. Setelah kostumisasi selesai, copy kode yang telah dibuat. Ada beberapa opsi kode yang bisa dipilih, untuk blog blogger/blogspot, pilih opsi kode berjenis HTML/Javascript dan bukan yang PHP.

Cara Membuat Halaman Contact Form di Blog:
1. Buatlah sebuah halaman posting baru dengan judul "Contact Me", "Kontak Saya", "Hubungi Saya", atau apapun yang anda lebih sukai. Saya sarankan jenis halaman tersebut adalah halaman statis (static page) dan bukan halaman posting seperti biasanya, karena halaman tersebut bersifat "timeless" atau tidak mengandung url yang menunjukkan bulan dan tahun. Selain itu, halaman Contact Me juga tidak membutuhkan optimasi search engine (SEO) seperti halaman posting lain.
Cara membuat halaman statis di blogger: Dashboard > New Post > Edit Pages > New Page.
2. Klik "edit HTML" (disebelah pojok kanan atas kotak posting).
3. Masukkan kode Contact Form yang telah dibuat tadi ke kotak posting.
4. Untuk preview hasilnya, cukup klik "Compose" (kembali ke menu WYSIWYG).
5. Jika sudah beres, bisa langsung disimpan atau bisa ditambahkan beberapa tulisan lain sekehendak anda.
6. Kemudian Publish.
7. Pasang link secara manual ke link list blog, menu, atau tempat-tempat lain yang diinginkan.
8. Done!

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Cara Membuat Halaman Contact Form (Contact Me) di Blog/Website
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 71 Comment(s):

Unknown said...

Terima kasih utk artikelnya,BTW saya mau tanya,kenapa google adsense saya selalu ditolak,mohon petunjuknya. Thanks

Unknown said...

Sepengetahuan saya, faktor utamanya adalah jenis konten dan juga halaman, dengan memperhatikan beberapa faktor di antaranya:
1. Konten yang sudah cukup, jumlah posting tentunya.
2. Niche atau topik2 utama yang diangkat, pastikan punya daya jual tinggi.
3. Jumlah Traffic, kalkulasi antara jumlah visitor dan pageview.
4. Ini yang sering terlewatkan, Google Adsense tidak suka ada pesaing di dalam halaman yang sama, baik ppc maupun afiliasi.
5. Design, meskipun masih agak diperdebatkan,namun telah terbukti design yang bagus (dalam artian enak dipandang mata) lebih mudah di-approve adsense.

Blognya yang mau didaftarkan yang mana mas? muga2 bisa membantu beberapa poin di atas.

lembayungbali said...

Thanks list Contact Form providernya. Sangat bermanfaat :D

Unknown said...

Terima kasih atas informasinya yang sangat memuaskan dan saya akan evaluasi kembali blognya maklumlah saya masih belajar dan belajar, jadi belum memahami teknisnya. THANKS

Unknown said...

ya mas, Good luck buat Google Adsense-nya :D

first aider said...

kebetulan lg belajar wordpress, bingung cara bikin contact form eh disini dijelasin. thanks gan...

Unknown said...

yah, terima kasih sudah "tersesat" di sini mas :D Makasih dah berkunjung dan berkomentar. Senang rasanya bisa membantu. :)

Joyo Plencing said...

thnk's ya mas bro...untuk bagi2 ilmunya...slm knl dr blogger jogja..

Unknown said...

yup, salam kenal juga buat teman2 di jogja

H Gito said...

trimakasih infonya mas, saya sudah coba emailmeform.com dan berhasil, tapi ada satu masalah, setelah submit e-mail. langsung tampil ke emailmeform.com dan tidak balik lagi ke blog saya.
gmana? apakah contact formnya juga sama seperti itu?

Unknown said...

ya memang begitu bro, itu kan memang redirect ke halaman respon dari emailmeform, jadi gak kembali ke halaman semula. emang begitu kok. maka untuk halaman-halaman semacam itu diberi link diberi target ke new window, jadi ketika pengunjung ingin buka halaman kontak, halaman tersebut akan terbuka di hal baru, sehingga masih ada halaman lama kalo2 dia masih pengen browsing hal blog kita.

adam cakep said...

oke makasih banyak bos atas informasiny

Hendrik Ronaldo said...

nice info gan sukses yah kunjungi blog saya http://hendrikronaldo.wordpress.com

dian said...

bagus gan,,ane senang di kasih info kayak gini,,sebenarnya relevan saja postingan anda sangat menarik dan informatif,,ajung jempol dah buat juragan,,,sip,,langsung ke TKP

Daftar Blog Dofollow said...

Niyang aku cari kemana2 thanks poll ya sob, jangan sungkan2 mampir ya di blog saya...

Rara's World said...

Permisi, mau nanya, kan di blog situ ada laman blog tips. lha di blog tips'nya itu ada laman lagi kan?
nah itu caranya gimana ya ?
makasih sebelumnya ..

Unknown said...

@Rara: Itu saya bikin secara manual. Buat halaman posting seperti biasa, kemudian link-link posting saya susun di halaman itu.

Unknown said...

Ikut nyimak,saya masih newbie,,Ikut nyimak,saya masih newbie,,

Kolom Lyrics said...

makasi infonya sangat membantu

Edzar said...

Makasih kang tutorialnya..

elok said...

thx bro

muhaziz97 said...

Thanks yak :D

Unknown said...

info yang sangat bermanfaat sob, pasang ach, mkasih yaaa

adi pradana said...

trims atas ilmunya, akan dipraktekkan. salam kenal...

AHMAD said...

ya lumayan, nambah ilmu

AMANAH GOLD said...

mksh ms bro atas ilmunya. ane cri2 artikel ttg ni ternyta dapt jg hee oia ane msh bingung ni ms, klo pengujung ada yg isi contack form lh nt ngeceknya dmn ya? hee maaaf maklum msh baru..

Berbagi ilmu itu ibadah said...

Link rujukan di atas gratis tapi ada batas pemakaian. kalo sudah habis batasnya kita musti bayar.
ada gak bro yang benar2 gratis selamanya :D

Aneiraz@r said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Mtb-i said...

Saya ucapkan terimakasi kepada pemilik situs ini, jika diperkenankan saya ingin bebagi link

Khasiat Tanaman Obat said...

Nah ini yang saya cari cari, baru nemu dan lengkap banget

Fajrin said...

sangat membantu gan
makasih

Suroso said...

Thank bro .... bener bener thank .....

Metal Blog Ku said...

Mntp Infonya

vespaman said...

udah nyari tutor kemana - mana eh akhirnya nemu juga diblog ini.. makasih om..

Anonymous said...

Pertama-tama Makasih banget buat referensi link contact form-nya. Tapi kalau boleh tau nih, sang penulis sendiri lebih rekomendasi pakai yang mana sich?? dan untuk halaman contact-me blog ini hand-made or else?
Salam..

Wisataku said...

Berhasil gan, kalau sitemap gmn ya ?

Raphael Tjahjadi said...

Wah.. Makasih Banyak Gan! Soalnya saya lagi butuh banget buat contact form di Blog saya.. Makasih banyak ya gan.. Very Recomended (Y)

hhrma bali said...

makasi mas bro... blog ku jadi ada contact form nya sekarang.

Unknown said...

thanks ilmu nya mas..
kunjungi balik y
http://danilsyam.blogspot.com/

Underground404 - Sharing said...

wow, ada juga. btw, dari pertama ngeblog sampai sekarang, buka rahasia emang top hihi :D

truly caesarvia said...

thx buat infonya
woman-diary.com

NAHAP.COM said...

berhasil mas, saya pilih emailmeform
cuman kayanya ada batas pemakaian kalo yg gratis
sebelumnya saya pakai yg no 1, ga ada code html nya

thanks...

Unknown said...

Makasih bos tipsnya sangat bermanfaat.

Unknown said...

Akhir-nya ketemu juga disini, terima kasih pak sudah berbagi, saya mau coba buat dulu ini...

Obat Herbal said...

Alhamdulillah dapat yang aku cari. Tinggal dipraktekin. Makasih udah share.

iklan baris gratis said...

mantab bro. sangat membantu. thanks

Yusrin said...

terima kasih gan masukannya.....
oh ya gan, sama kayak saudara Jakatunggara, blog saya juga tidak diterima oleh google adsense.
blog saya membahas tentang "misteri".
apa itu termasuk yang tidak diterima google adsense??

b-musik said...

Mantap sob... makasih buat infonya

Unknown said...

yes, akhirnya dapat juga cara bikin halaman kontak.
Saya banyak belajar dari blog ini :)

Mas kalau berkenan saya mau pakai theme blog ini.

Unknown said...

Thanks gan, sgt bermanfaat bg nubie.. :D

Informasi Pekerjaan said...

mantap infonya gan..

Payz0 said...

kalau membuat form yang langsung ke email kita gimana? kalau dari pilihan form online, kayaknya bayar ya setelah itu ada batas waktu pula. saya kepingin membuata autorespon dari contact us bisa gak ya? tanpa aplikasi autolook yang muncul..

Unknown said...

mas maksih banget . artikelnya banyak membantu saya mengembangkan blog baru saya kapan - kapan mampir

firmanu swantara said...

wokeee sip

Alat Antrian said...

Pak Ahmad, sy suka sekali membaca tulisan Anda dan layout blogspotnya Rapi. Boleh bagi ilmu nya Pak Ahmad, gimana caranya bisa buat layoutnya seperti punya Bapak ?

Unknown said...

THX BGT MASS E SEMOGA BERMANFAAT BAGI SEMUA ORANG AMIN...

PSDink said...

Yang recommended yang mana ya mas. maklum newbie..

Unknown said...

Saya sarankan EmailMeForm, desainnya bagus dan fiturnya kaya, termasuk ada fitur untuk upload file juga.

Hendra Eko || PULSA PPRELOAD said...

menurut agan dari pilihan diatas paling ringan yang mana loadingnya gan? minta sarannya. oy, aku juga punya blog baru. mampir yah http://pulsappreoad.blogspot.com

Unknown said...

Cari yang pake HTML form biasa, yang pake javascript memang agak beratan dikit.

Unknown said...

Mantap gan........ Sukses slalu :)



*Thanks

Unknown said...

Tanks brow..
Ane sedot ni cara.

Anonymous said...

sebenarnya ada perbedaan enggak sih pak antara contact me dan contact us,terus bagaimana supaya postingan tidak semata mata seperti postingan artikel,biar halamanya blank gitu.newbie sejati mencari sesuatu ni pak

Gigih Kurniawan said...

akhirnya menemukan tutorial ini.. thanks yaa :)

Unknown said...

itu kalau free bisa permanent ga' Mas ?
Salam http://hikayahhati.blogspot.com/

ownme said...

mau tanya gimana cara pasang script dari kontactr ke website yang menunya sudah tersedia otomatis? bagaimana cara mengedit html untuk menu contact yg sdh tersedia otomatis tadi?

Unknown said...

ownme: ke depan akan saya ulas lengkap mengenai tutorial membuat dan memasang kontaktr ya, ditunggu.

Admin said...

Penjelasan mengenai situs yang menyediakan kontak form sangat komplit,nice info

Unknown said...

Kalo mau buat Contact Us yang kalo diklik langsung menuju laman fp facebook bagaimana caranya gan?

Unknown said...

langsung aja taruh link fp di menu, kasih anchor "contact us"

admin said...

Wah,, Tutorial nya lengkap bangat nih disini, mudah dimengerti lagi,, izin coba buat mas untuk blog saya,,
Salam mas dari http://mhinimize.blogspot.com/

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap